Review #4 Novel Anastasia Syndrome and Other Stories

Spesifikasi Buku

Judul : Anastasia Syndrome and Other Stories
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Pengarang : Mary Higgins Clark
Kelompok : Novel
Bahasa : Indonesia
Cover : softcover

Sinopsis :

Novel pendek Sindrom Anastasia mengisahkan pengarang sejarah terkenal Judith Chase yang tinggal di London. Judith yang menjadi yatim-piatu semasa perang Dunia II ingin menelusuri asal-usulnya. Ia menghubungi psikoanalis ternama untuk menghipnotisnya supaya mundur ke masa lalu. 

image

Ternyata Judith tidak sekedar mundur ke masa kanak-kanaknya, ia terjebak dalam pusaran sejarah yang menjadi tema buku-buku karangannya. Saat kembali ke masa kini, ia mulai sering menderita hilang ingatan. Sementara itu London mulai diteror berbagai bom. Apa yang terjadi saat Judith hilang ingatan? Siapakah yang menyebar teror bom itu?

Selain Sindrom Anastasia, buku ini juga berisi empat cerita lain yang tak kalah serunya. Cinta seorang murid sakit jiwa pada gurunya, istri yang curiga bahwa suaminya telah melakukan pembunuhan, roh saudara kembar yang membantu kembarannya yang terancam bahaya, dan usaha seorang ibu mencari putrinya yang dibawa lari suaminya. Dijamin anda akan terus membaca sampai halaman terakhir.

menurutku…..

Hmm…. kalo biasanya Marry Higgins Clark menulis sebuah novel utuh bertema misteri, disini ada 5 cerita berbeda yang ingin disampaikan. Aku tahu setiap pengarang punya ciri masing masing, dan MHC punya ciri khas yang kuanggap sangat unik dan berkelas.

Aku mencoba menuliskan ciri khas dari novel-novel MHC, salah satunya adalah tokoh utama yang selalu wanita , biasanya berumur diatas 30 tahun, berkeluarga dan berkelas. Marry juga bukanlah penulis yang suka menjabarkan sex dengan vulgar, kesantunannya dalam berbahasa punya daya pikat sendiri. Aku mengoleksi hampir 20 novel karyanya dan tak pernah puas untuk menambah dengan koleksi yang lainnya.

Aku menyukai novel ini, meski singkat tapi uraiannya benar-benar hidup dan menambah wawasan. Berlatar cerita jaman kejatuhan Charles  1  ratusan tahun silam cerita ini sarat akan sejarah kelam kerajaan Inggris.

Aku tak percaya bahwa roh dari masa lalu bisa   hidup dalam tubuh kita dan mengendalikan diri kita, sedikit menyerupai Split Personality, dimana sang tokoh punya dua kepribadian yang sangat bertolak belakang.

Tokoh Judith Chase yang lembut, dan menyenangkan tiba tiba harus tergeser oleh pribadi baru dari masa lalu, Margareth Carew. Bukan tanpa alasan Margaret memilih tubuh Judith untuk digunakannya membalas dendam di masa lalunya. Baginya Judith sangat pas, dia akan bertunangan dengan  calon PM Inggris Stephen Hallet, seorang keturunan Simon Hallet yang telah menghianati dan menyakitinya di masa lalu.

Hati-hati ketika kau menyadari banyak waktumu yang tak bisa kau ingat sepenuhnya, seakan hilang tanpa jejak. Mengingatnyapun kau tak mampu. Mungkin saat itulah kepribadian baru telah mengambilalih dan menggunakan tubuhmu.

Diposting tahun 2013

Yunita Hentika Dani

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s