Retelling, The Tale of A Despereaux

Copy dari Note FBku

Deskripsi Buku

The Tale of Despereaux
Judul Indonesia: Kisah Despereaux
Penulis: Kate Dicamillo
Penerjemah: Diniarty Pandia
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I, 2005
Tebal: 280 hlm

image

Sinopsis

Ini kisah tentang Despereaux Tilling, tikus kastil yang jatuh cinta pada musik, cerita-cerita, dan putri bernama Pea. Ini juga kisah tentang tikus got bernama Roscuro, yang hidup dalam kegelapan namun sangat menyukai dunia yang dipenuhi cahaya.Dan ini kisah tentang Miggery Sow, gadis pelayan berotak lamban yang memiliki satu harapan yang sederhana tapi mustahil.

Tokoh-tokoh ini akan melakukan perjalanan yang membawa mereka turun ke ruang tahanan bawah tanah yang mengerikan, naik ke kastil yang gemerlapan, dan akhirnya, ke dalam kehidupan mereka masing-masing.

Dan apa yang terjadi saat itu?Pembaca, kau ditakdirkan untuk mencari tahu.

Mulai

Sebuah dongeng untuk putriku…
Tentang Tikus yang Jatuh Cinta Pada Sang Putri

( Pastinya udah tahu dong buku ini, kalo belum buruan beli deh, bagus untuk dibaca, ceritanya extraordinary, tokoh dan pahlawannya unik, bagaimana kau bisa membaca buku tentang tikus aneh, semangkuk sop yang lezat, seorang putri yang baik hati sampai seekor tikus got yang punya rencana jahat dalam 1 buku..? … coba baca The Tale of Despereaux by Kate Dicamillo ini.. dijamin seru.. )

Malam ini, aku ingin bercerita sebuah kisah tentang tikus kecil bertelinga sangat lebar yang lahir dengan mata terbuka. Nama tikus itu Despereaux. Despereaux bertubuh sangat kecil, hanya seperempat ukuran tikus biasa. Hmm pasti kau sudah membayangkan seperti apa anehnya seekor tikus super kecil yang lahir dengan mata terbuka.Despereaux ( Dee ), nama tikus kecil itu adalah seekor tikus kastil yang tinggal bersama ayahnya yang bernama Lester, ibunya yang bernama Antoniette dan saudara saudaranya. Mereka tinggal di kastil indah milik kerajaan perancis.

Dee, terlahir berbeda dengan tikus kastil lainnya. Dee tidak suka remah remah, dia suka sop, sop yang harum aromanya yang dimasak oleh koki istana. Dee juga tidak suka memakan kertas, Dee hanya suka merasakan baunya dan membaca rangkaian huruf yang berubah menjadi kata, sampai akhirnya membentuk sebuah kalimat indah ” once upon a time…….”. Ya Dee, suka cerita yang tertulis dibuku yang ia temukan di perpustakaan King Philips. Dee membayangkan bagaimana sang ksatria akhirnya jatuh cinta pada sang putri.

Suatu hari, ketika Dee sedang asyik membaca dongeng seorang putri cantik, kakaknya memergokinya dan melaporkan kepada ayahnya. Tahukah kalian apa hukuman bagi tikus yang berani bersikap seolah olah mereka manusia ?. Benar !!!, Mereka ( dewan tikus yang terhormat ) akan membawanya ke ruang bawah tanah dan nasibnya akan diserahkan kepada segerombolan tikus got yang mengerikan. 

Sebenarnya Dee, tidak akan dihukum seberat itu, jika saja Dee tidak terlihat sedang berengkrama dengan manusia. Oh maaf, apa kalian tahu artinya bercengkrama nak?, iya artinya mengobrol. Suatu hari Dee mendengar sebuah suara yang begitu memikat hatinya, kalau tikus lain tertarik mendengar suara remah roti yang jatuh ke lantai, tidak demikian dengan Dee kecil kita. Kalian tahu, telinga tikus sangat tajam pendengarannya, dan Dee dikaruniahi telinga yang super lebar, membuatnya bisa mendengar apa yang tikus lain tak bisa dengar.

Dee mendengarkan bunyi itu dan mengikutinya dengan pelan, tak terasa Dee sampai diruang yang sangat indah, ia melihat seorang putri yang sangat cantik dengan mahkota dikepalanya, duduk sambil mendengarkan seorang pria yang sedang memainkan gitarnya. Dee ternyata sampai di ruang tidur Princess Pea, dan pria itu adalah King Phillips, sang Raja.

Karena terpikat alunan musik yang dimainkan Sang Raja, tak sadar, Dee kecil semakin mendekat sampai akhirnya tiba persis di kaki sang Raja, di hadapan Princess Pea. Princess Pea lah yang pertama kali melihatnya, dan berteriak pelan kearah ayahnya sambil menunjuk Dee yang masih terhanyut dengan musik yang dimainkan. Dee ternyata disukai Princess pea, tepat ketika Sang Putri memegang kepala Dee, sang kakak yang memang ditugaskan mengintai gerak gerik Dee melihatnya. Dan Farouk sang kakak tak mempercayai apa yang dilihatnya, dalam bebrapa detik, sang kakak hanya terpaku melihat adegan itu, sampai akhirnya dia sadar, sesuatu yang mengerikan akan menimpa adiknya yang aneh.

Farouk berlari secepat yang ia bisa dan melaporkan kejadian aneh itu kepada ayahnya, dan sang ayah melanjutkannya kepada Dewan Tikus Yang Terhormat.
Nah, karena ulahnya Dee akhirnya disidang dan dijatuhi hukuman dilempar keruang bawah tanah yang gelap, menjijikkan, lembab, bau dan penuh tikus got yang mengerikan.kalian pasti penasaran apa yang akan terjadi pada Dee kecil, simak lanjutannya di posting berikutnya yach.. selamat bobo.. have a nice dreams…

Diposkan 2013, dari blog lama

Yunita Hentika Dani

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s