Review #6 Janji Gegabah dan Yvaine

Deskripsi Buku

Judul : STARDUST
Judul Indonesia: Serbuk Bintang
Penulis: Neil Gaiman
Penerjemah: Femmy Syahrani Ardiyanto dan Herman Ardiyanto
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I, Januari 2007
Tebal : 256 hlm

Sinopsis

image

Ini dongeng untuk orang dewasa.

Alkisah, di padang-padang rumput Inggris yang tenang, lama berselang, ada sebuah desa kecil yang selama 600 tahun berdiri di atas tonjolan batu granit. Di sebelah timur desa itu ada tembok batu yang tinggi. Itu sebabnya desa itu dinamai desa Tembok.

Di desa itu, pemuda Tristran Thorn jatuh cinta pada si cantik Victoria Forester. Dandi sini pula, pada suatu senja bulan Oktober yang dingin, Tristran membuat janji pada si gadis. Janji gegabah yang membawanya berkelana ke negeri di balik tembok, menyeberang padang rumput, masuk keNegeri Peri.

Dan di sana dimulailah petualangan paling mendebarkan dalam hidupnya

Review

Alkisah pada masa Charles Dickens sedang menulis karya hebatnya Oliver Twist, disebuah desa yang dikelilingi tembok dan susunan granit yang memisahkannya dengan sebuah padang rumput indah negeri para Peri hiduplah seorang pemuda Dunstan Thorn.
Ada sebuah perayaan magis dan ditunggu tunggu setiap 8 tahun sekali dimana para pedagang dari seluruh negeri berkumpul yaitu Pekan Raya.

Di Pekan Raya inilah Dunstan yang lugu bertemu dengan seorang pelayan dari toko bungan kaca yang ternyata seorang peri. Warga des tembok mengira Dunstan muda itu ditenung oleh Peri, kelakuannya menjadi aneh.
Semua keanehan itu terjawab ketika setahun kemudian ada seorang bayi kecil yg diselundupkan di gerbang perbatasan Desa Tembok dan negeri para Peri.

Delapan belas tahun kemudian cerita menakjubkan ini dimulai.
Bermula dari janji gegabah Tristran Thorn untuk Victoria Forester yang dipujanya. Demi sebuah ciuman Thristran menjanjikan akan mengambilkan sebuah bintang jatuh yang melesat ke bumi di malam itu.

Petualangan dimulai …
Di Negeri Peri, Raja Stormhold yang perkasa sedang menunggu maut disaksikan 7 putranya yang 4 diantaranya sudah mati.
Raja yang perkasa itu tahu anak anaknya menunggu dengan tak sabar saat saat kematiannya.
Batu Ratna Cempaka yang menjadi penentu pewaris kerajaan dilemparkannya sejauh mungkin melewati awan sampai ke bintang.

Buuumm!!!
Sebuah bintang jatuh dan kesakitan.
Hmm pernah membayangkan seperti apa bintang jatuh itu?
Petulangan Tristran demi pujaan hatinya Victoria membuatnya menemukan sesuatu yang selama ini tidak pernah terlintas dipikirannya.
Dengan bekal bunga kaca dari ayahnya dan lLilin Babilon Tristran mulai melangkah dan menggapai mimpinya.

Ternyata Tristan tak sendiri. Ada  orang lain yang juga ingin mendapatkan si Bintang Jatuh.
Tiga penyihir wanita kakak beradik dari kaum Lilim bertekad mendapatkannya lebih dulu untuk mengembalikan kebeliaan, kecantikan dan kekuasaan mereka.
Si sulung tanpa nama pergi dengan dua pisau tajam dan segudang mantra siap mengambil jantung Bintang Jatuh.

Tristan bertemu seekor Katai berbulu lebat dan menemukan banyak hal aneh padanya. Belum cukup, Tristran juga sempat bercakap dengan wanita yang dikutuk menjadi sebuah pohon, lalu Tristran juga berhasil menolong seekor kuda bertanduk yang sedang dikejar Harimau besar.

Yvaine. Bintang jatuh itu bernama Yvaine, dan dia bukanlah sebuah bintang melainkan seorang putri jelita yang terus bersinar. Yvaine si putri rembulan harus rela mengikuti kemana pun Tristran pergi dan diserahkan sbg hadiah untuk Victoria.

Dalam perjalanan mereka yang penuh kejutan. Mereka bertemu Madame Semele atau Ditchwater Sal, seorang pemilik toko bunga kaca yang ternyata majikan dari Lady Una.
Lalu ada Brevis malang yang disihir menjadi domba untuk menarik kereta Penyihir kaum Lilim.
Tristran dan Yvaine juga bertemu Primus, Tertius dan Septimus yang ternyata juga menginginkan sesuatu yang ada pada Yvaine.

Tahukah kalian bagaimana Negeri Peri terjadi ..
Dahulu kala ada seorang raksasa yang sangat besar yang jatuh kelelahan. Tubuhnya menjadi tempat tinggal para Peri. punggungnya menjadi padang rumput yang luas, lehernya menjadi lembah yang curam dan bagian tubuhnya yang menonjol menjadi gunung yang tinggi.

Stardust mengajakmu bertualang di negeri yang menakjubkan. Siapa Lady Una sebenarnya, dan mengapa akhirnya ia menolong Tristran dan Yvaine.
Lalu siapakah akhirnya dari 3 putra Stormhold yang tersisa yang berhasil menemukan batu ratna cempaka itu ..

Yvaine yang kelelahan akhirnya bertemu dengan Penyihir Kaum Lilim.
Lalu berhasilkah Tristran yang pemberani mempersembahkan Yvaine pada wanita pujaannya.

Stardust memang bukan dongeng biasa. Ini dongeng untuk dewasa. Dari halaman pertama, pembaca dibuat penasaran dengan alur cerita. Dan twist di akhir juga sangat manis dan melegakan.

Membaca buku ini aku membayangkan seperti apa gerbang batas yang senantiasa dijaga siang malam oleh warga Desa Tembok. Membayangkan padang rumput yang luas menuju Negeri Peri dan tentu saja mereka reka makhluk fantasy yang dibuat penulis.

Untunglah aku juga menonton filmnya. Menurutku filmnya tidak mengecewakan. Aku sampai jatuh cinta dengan acting si Penyihir Lilim yang keren.

Wajib baca untuk kamu yang suka fantasy dan doyan berkhayal.
Ingat jangan berikan novel ini pada anak anak. Covernya mungkin imut karena  ada peri cantiknya, tapi ada adegan dewasa yang cukup membuatku terbatuk uhuk uhuk.

Yunita Hentika Dani

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s